CH (News Edition): Berkas John Manoppo Ditunggu Kejati Jateng

Kejati Jateng belum menyusun dakwaan atas mantan Wali Kota Salatiga, John Manuel Manoppo dalam dugaan korupsi Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga.

Pasalnya, kendati telah menyatakan berkas Manoppo lengkap, Kejati belum menerima pelimpahan barang bukti dan tersangka dari penyidik Polda Jateng. Kelengkapan berkas penyidikan itu dinyatakan Kejati sejak akhir Oktober lalu.

”Berkas penyidikan sudah dinyatakan lengkap atau P21. Sekarang kami menunggu pelimpahan barang bukti dan tersangka dari Polda,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jateng, Eko Suwarni, Jumat (9/11).

Menurut Eko, pihaknya telah mengirimkan surat permintaan penyerahan barang bukti dan tersangka ke Polda. ”Penyidik mestinya sudah tahu jika waktu pelimpahan adalah 14 hari setelah berkas dinyatakan lengkap.”

Kepala Subdit III Tipikor Dit Reskrimsus Polda Jateng, AKBP Joko Setiono beralasan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan jaksa penuntut umum (JPU) Kejati. Dia tak menjelaskan ihwal hal yang dikoordinasikan.

Tunjuk Langsung

Penyidikan atas Manoppo dilaksanakan Polda sejak 23 November 2010, berdasar surat LP-A/174/XI/2010/Jateng/Ditreskrim. Dalam kasus JLS Salatiga ini, Manoppo dije-rat Pasal 2 dan Pasal 3 UU 31/1999 yang diperbarui dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Manoppo dinilai memberikan disposisi untuk menunjuk langsung pemenang lelang proyek senilai Rp 49 miliar yang dilaksanakan pada 2008 itu. Meski tak diusulkan oleh panitia, PT Kuntjup-PT Kadi International Join Operation (JO) memenangkan lelang proyek itu.

Panitia lelang mengusulkan pemenangnya adalah PT Bali Pasific, karena dianggap memenuhi syarat. Namun, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) saat itu, Saryono memberikan nota dinas kepada panitia lelang tentang pemenangan PT Kuntjup. Padahal, PT Bali Pasicif menawar lebih rendah proyek tersebut, senilai Rp 42 miliar ketimbang PT Kuntjup, senilai Rp 47 miliar.

Nota Dinas tersebut bernomor 610/303/2008 tentang Laporan Hasil Evaluasi Sampul II (penawaran harga) Pekerjaan Pembangunan JLS STA 1+800 – 8+350, tertanggal 19 Agustus 2008. Pada halaman pertama nota dinas itu tertera tulisan tangan Manoppo lengkap dengan paraf, pada tanggal yang sama. Isi tulisan tangan itu adalah untuk memenangkan PT Kuntjup dalam lelang.

Akhirnya, Kepala DPU yang juga sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) juga menyerahkan keputusan penetapan pemenang lelang.

Sumber: suaramerdeka.com. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s