CH (341): Senandung Natal Soeparwata

Nyanyi sunyi di malam hari

Mengalun setanggi sesela hati

Adik mengapa dikau sendiri

Bersama abang mari ziarah ke gereja suci

Sunyi hati di gelap hari

Serangga mati di nyala api

Kristus janganlah pergi sertai kami

dalam sepi jalan sendiri

Dan bulan, kerinduan yang dalam

Menikam nurani pengembara di perlawatan

Tuhan di palungan betapapun kebesaran

Manusia nikmat tertidur diperistirahatan

Nyanyi sunyi di malam sepi

Mengalun hati diayun setanggi

Adik mari berlutut di sini

Tuhan hadir bagi insani

Sunyi suci di gelap dini

Berayun hati digetar nyanyi

Dan adik mari bukakan diri

Kristus istirahatlah di hati kami

Kristus! Lindungilah dan berkati

Ajar kami berendah hati

Dan biarlah tangamu suci

Di dahi kami tersilang aman abadi

***

kidung keramahan: sadjak-sadjak soeparwata wiraatmadjaPuisi berjudul Senandung Natal di atas, merupakan satu dari sekian puisi yang ada dalam buku, “Kidung Keramahan: Sadjak-sadjak”, penulis Soeparwata Wiraatmadja, diterbitkan oleh Badan Penerbit Kristen, tahun 1963. Selain menulis Kidung Keramahan, karya-karya puisi Soeparwata turut menghias dibeberapa media, diantaranya dalam majalah sastra, Basis dan Horison.

H.B. Jassin, melalui tulisannya berjudul, “Angkatan 66: Bangkitnya Satu Generasi”, dalam majalah Horison No. 2 Tahun 1, Agustus 1966, menempatkan nama Soeparwata Wiraatmadja sebagai salah satu sastrawan dari Angkatan Sastra ’66 Indonesia, bersama diataranya dengan Nh. Dini, Taufiq Ismail, Umar Kayam, Goenawan Mohamad, A.A. Navis, Arifin C. Noer, Frindolin Ukur, dan sahabatnya “Sang Burung Merak”, (Alm) W.S. Rendra.

Soeparwata WiraatmadjaSoeparwata, lahir di Sragen, Jawa Tengah, 22 Juli 1938. Pernah berkuliah kedokteran di salah satu perguruan tinggi di Kota Solo (Surakarta), namun tidak selesai. Kembali belajar di kampus, dan akhirnya menyelesaikan kuliahnya di bidang pendidikan di sebuah perguruan tinggi Kristen tidak jauh dari Solo, tepatnya di Kota Salatiga. Di perguruan tinggi tersebut, Soeparwata bersahabat dengan sejumlah nama, diantaranya (Alm) J. Sardi Karjoredjo, Soetarno, Supardan, Willy Toisuta, Jhon Ihalauw, TH Sumartana, Imam Sudibyo. Selama beberapa waktu, Soeparwata sempat mengampuh sejumlah mata kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Semasa pemuda, aktif dalam organisasi kepemudaan di Solo. Pernah dipercaya sebagai anggota DPRD dan Badan Pekerja Harian di Kotamadya Solo. Dalam susunan redaksi Majalah Madyantara (majalah milik Pemerintah Kotamadya Surakarta), Soeparwata ditempatkan sebagai Redaktur/Penangung Jawab. Walaupun isinya syarat dengan “berita resmi” yang dikeluarkan oleh pemerintah Kotamadya, akan tetapi ada sejumlah artikel sejarah. Seperti dalam edisi No. 8/Tahun II/Agustus 1974, misalnya ada artikel-artikel berjudul, “Sala Bergolak Merebut Kekuasan Jepang”, dan “Desa-desa Gerilya di Wilayah Gunting, Wonosari (Klaten)”.

Pernah menjadi kepala sekolah di Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Kristen Widyatama di daerah Isep-isep, Salatiga. Sekolah ini sudah lama tutup, sekarang difungsikan menjadi Widya Graha LP3 Sinode.

Setelah pensiun dari tugasnya sebagai Kepala Bimas Kristen, linkungan kerja Departemen Agama, Jawa Tengah, Soeparwata aktif mengajar di sejumlah perguruan tinggi teologi, diantaranya Sekolah Tinggi Teologi (STT) Nusantara Salatiga, STT Sangkakala Salatiga, STT Simpson Semarang, STT Abdiel Ungaran, STT Berea Salatiga. STT Pesat Salatiga.

Soeparwata menikah dengan Siti Hardhewi pada tanggal 24 Desember, dan dikaruniai 6 orang anak (anak pertama meninggal tidak lama setelah dilahirkan). Satu-satunya putri yang dimiliki keluarga Soeparwata, dipersunting Saam Fredy Marpaung. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s