CH (343): Koreksi untuk Scientiarum Soal Prof. Kutut

Semalam (Selasa, 29/01) berkesempatan mengunjungi situs resmi Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (LPM UKSW) Scientiarum, satu berita yang sempat aku baca adalah seputar wafatnya Prof. Kutut Suwondo. Setelah membaca berita berjudul, “Duka Fiskom”, tertanggal 25 Januari 2013, ada sejumlah catatan yang ingin aku berikan bagi Kotik Aptiyas, penulis berita tersebut.

Kotik Aptiyas Scientiarum

Catatan Pertama (lihat kotak warna merah), mengenai nama fakultas. Dalam tulisan Kotik tertulis Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jika Kotik berkesempatan berkunjung ke situs resmi UKSW, maka Kotik dapat mengetahui bahwa yang tepat adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi.

Kedua (lihat kotak warna biru), terbaca salah satu “Guru Besar”. Sepengetahuan aku, Prof. Kutut Suwondo adalah satu-satunya Guru Besar yang dimiliki oleh Fiskom, tidak ada yang lain. Tanda kutip yang menyertai kata Guru Besar menjadi tanda tanya saya sendiri. Apakah maksud tanda kutip tersebut?

Selanjutnya (lihat kotak hijau), kalimat dalam kotak tersebut membuat kebinggungan tersendiri. Kegiatan yang akan terjadi esok hari (pelepasan jenazah), namun penulis berita tersebut sudah berani dengan tegas menyatakan bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan universitas, staff pengajar dari berbagai fakultas, serta para mahasiswa Fiskom?

Terakhir (lihat kotak coklat), ini mungkin kesalahan yang cukup fatal. Penulis berita menuliskan sebagai berikut, Dan meraih gelar Profesor Doktor Insinyur di Amsterdam”. Ketika membaca kalimat tersebut aku tersenyum, dalam hati berkata, “Mungkin mbak Kotik sebagai mahasiswa tidak begitu familiar dengan gelar-gelar akademis”.

Berita tersebut telah diposting, kurang lebih 5 hari (hari ini Rabu, 30/01), namun belum ada komentar apapun yang masuk, baik mengenai isi berita maupun mengenai kejanggalan-kejanggalan seperti yang aku rasakan. (sfm).

2 thoughts on “CH (343): Koreksi untuk Scientiarum Soal Prof. Kutut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s