CH (News): UKSW Menerima Calon Rektor dari Luar

logo ukswUniversitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, membuka penjaringan calon rektor untuk periode kepemimpinan 2013-2017. Kali ini, penjaringan calon rektor terbuka bagi pihak di luar UKSW Salatiga, dengan harapan dapat memberi warna baru bagi UKSW.

Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Judowibowo Poerwidagdo, mengungkapkan hal itu, Kamis (14/2/2013). Judowibowo mengatakan, ini adalah kali pertama UKSW membuka penjaringan calon rektor untuk pihak luar UKSW.

“Kami membutuhkan orang yang memiliki jiwa kepempimpinan dan kapabilitas tinggi sehingga mampu membawa UKSW menjadi lebih baik lagi,” kata Judowibowo.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi mereka yang berminat mendaftar adalah yang bersangkutan merupakan anggota dari 18 gereja pendukung UKSW Salatiga, dan tidak sedang dalam penggembalaan di gereja.

Ke-18 gereja pendukung itu ialah Gereja Kristen Jawa, Gereja Kristen Jawi Wetan, Gereja Injili di Tanah Jawa, Gereja Kristen Muria Indonesia, Gereja Kristen Pasundan, Gereja Kristen Protestan di Bali, Gereja Kristen Indonesia, Gereja Kristen Injili di Tanah Papua, Gereja Kalimantan Evangelis, Gereja Protestan Indonesia Barat, Gereja TOraja, Gereja Protestan Maluku, Gereja Isa Almasih, Gereja Injili Masehi di Timor, Gereja Kristen Sulawesi Tengah, Banua Niha Keriso Protestan, Gereja Protestan Sulawesi Tenggara, dan Gereja Kristen Sumba.

Selain itu, bakal calon rektor UKSW yang berasal dari luar harus sudah bergelar profesor. Untuk bakal calon dari internal, minimal bergelar doktor. Usia bakal calon tidak boleh lebih dari 60 tahun, saat pelantikan yang akan berlangsung tanggal 30 November 2013.

Judowibowo mengungkapkan, semua pendaftar akan diseleksi secara ketat melalui tiga tahap. Setelah diverifikasi oleh panitia khusus, daftar nama bakal calon yang memenuhi syarat akan disampaikan kepada seluruh fakultas dan unit yang akan memilih satu bakal calon. Nama yang dipilih kemudian disampaikan ke pansus untuk diproses dalam rapat senat, sedangkan yang tidak dipilih dinyatakan gugur.

Tahap kedua, pemilihan bakal calon menjadi calon rektor dilakukan dengan menilai presentasi bakal calon mengenai program kerjanya. Dari sekian bakal calon, senat universitas hanya akan memilih dua calon terbaik yang akan diajukan kepada pengurus YPTKSW.

Tahap ketiga, YPTKSW akan memilih satu orang yang terbaik berdasarkan hasil penilaian atas presentasi program kerja seperti yang diajukan sebelumnya.

Masa pendaftaran calon rektor dibuka mulai tanggal 1 Februari dan akan berakhir pada akhir Februari 2013. Hingga 13 Februari, sudah ada sembilan nama yang mendaftarkan diri ke YPTKSW, semuanya berasal dari internal UKSW.

sumber berita: kompas.com. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s