CH (363): Bisnis Parkir Dekat Kampus

Kantonk Parkir

Kantonk Parkir

Tidak hanya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang mendapat “berkat” dari kehadiran mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga, para tukang parkir ataupun pemilik lahan parkir di dekat kampus, mampu meraup jutaan rupiah.

Sepanjang pengetahuan saya, ada tiga lokasi parkir yang disingahi oleh para mahasiswa, yakni parkiran dibelakang kampus (Kemiri), lalu di depan SD Lab, dan terkahir dan terbaru di Kantonk Parkir (depan kampus, sebelah GKJ 55).

Dengan sekali parkir bernilai Rp1.000, parkiran di belakang kampus mampu meraup tidak kurang dari Rp300.000 perhari. Jika dikalikan dengan lima hari kerja, maka seminggu, pemilik parkir mampu menghimpun penghasilan kotor sebesar Rp1.500.000, dan sebulan terkonversi sebesar Rp6.000.000.

Berbeda dengan tarif yang berlaku di belakang kampus, Kantonk Parkir menggunakan sistem perjam. Satu jam pertama dinilai sebesar Rp1.000, dan dikenakan tambahan Rp500 perjam. Dengan demikian, jika seorang mahasiswa parkir selama 3 jam, maka dia harus meroggoh uang sebanyak Rp2.000. Dengan asumsi dapat menampung 300 kendaraan roda dua dengan rata-rata memarkir selama 3 jam selama satu hari saja, maka terhimpun sebesar Rp600.000. Jika menggunakan asusmsi waktu yang sama dengan yang di Kemiri, maka sebulan kocek pemilik parkir bertambah menjadi Rp12.000.000.

Dompet pengelola parkir akan semakin bertumpuk, pasca “pembersihan” parkir liar di depan kampus. Berangsur-angsur mahasiswa tidak lagi berminat menggunakannya, karena beberapa waktu lalu aparat menggembosi kendaraan yang terparkir di sana. (sfm).

One thought on “CH (363): Bisnis Parkir Dekat Kampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s