CH (364): “Elang Muda”, Terbanglah Tinggi…

Jerry Lolowang

Jerry Lolowang

Tim Putra UKSW memenuhi ambisi menjuarai Liga Basket Mahasiswa (Libama) Jateng 2008. Pada final di GOR SMA Laboratorium UKSW, Minggu (24/8), mereka menghempaskan juara bertahan Udinus 78-59. Tim yang bertajuk Elang Muda tersebut berhak mewakili provinsi dalam Libama tingkat nasional. [Suara Merdeka Cetak Kolom Olah Raga, 26 Agustus 2008].

“Elang Muda”

Jika Tim Nasional U-19 Tahun diberikan julukan “Garuda Muda”, maka berita Suara Merdeka di atas, julukan “Elang Muda” diberikan untuk Tim Basket Putra UKSW. “Elang Muda”? Sejumlah orang pernah bertanya, dari mana asal usul julukan “Elang Muda” yang disematkan untuk Tim Basket Putra UKSW pada tahun 2008 tersebut. Ada yang berkata, itu julukan yang diberikan oleh Suara Merdeka. Jawaban yang benar adalah bukan Suara Merdeka, melainkan seorang jurnalis di bawah koordinasi Humas UKSW lah yang memberikan nama julukan itu.

Si Jurnalis yang memiliki tugas mengeluarkan rilis informasi kegiatan-kegiatan yang terjadi di Kampus UKSW, mengetik “Elang Muda”, sebagai julukan bagi Tim Basket Putra UKSW. Menurutnya, julukan itu tiba-tiba saja muncul dalam benaknya, saat mengetik rilis informasi berhubungan dengan perhelatan Libama Jateng 2008 yang berlangsung di GOR Sekolah Lab. Kenapa yang bersangkutan memunculkan nama itu?

“Saat kali pertama saya melihat mereka melakukan pertadingan perdana melawan Tim Universitas Muhammadiah Surakarta, Saya dibuat kagum degan kemampuan mereka. Luar biasa, mereka mampu melumat UMS, tanaga mereka sekan tidak pernah habis, meliuk-liuk, lincah, dan terbang menghantar bola masuk keranjang. Mereka seperti Elang yang menerkam mangsanya di udara, berakrobat udara memenangkan pertarungan”, ucap si jurnalis.

Jerry

Satu dari “Elang Muda” yang “mencabik-cabik” tim-tim dari berbagai daerah di Jawa Tengah adalah Sang Kapten Tim Jerry Natanael Lolowang. Dalam catatan Scientiarum, Sang Kapten bahkan sempat mengalami cedera saat bertanding melawan Tim Putra Unika Sogijapranata Semarang. Selepas bermain di liga amatir antarmahasiswa, Jerry memiliki kesempatan bermain di liga profesional NBL, bersama Satya Wacana LBC Angsapura.

Namun betapa kagetnya Si Jurnalis (sekarang sudah mantan), ketika mendapati berita di Kompas online, beberapa hari yang lalu. Sang “Elang Muda” harus bergumul dengan Kanker Testis, dan saat ini sedang menjalani pengobatan di rumah sakit khusus kanker di Malaysia.

Sekali lagi, Sang “Elang Muda” harus “bertanding”, kali ini tidak di lapangan, melainkan bertanding melawan penyakit yang dideritanya. Sang “Elang Muda” pernah “mengalahkan” Tumor pada kaki, saat berusia muda (13 tahun).

Pertandingan ini akan sangat berarti, jika Jerry tidak sendiri. Semangat Tim Basket “Elang Muda” sangat ia butuhkan, supaya Jerry dapat meliuk-liuk, lincah, menerkam, dan terbang tinggi menghantar kemenangan. Terbanglah Jerry, buatlah kami bangga sekali lagi…🙂 (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s