CH (373): “Domain” Pemerintah?

download (2)“Risih” dengan penggunaan domain .gov (yang berarti government=pemerintah), maka mulai tahun depan situs resmi Supreme Court Inggris akan berubah dari supremecourt.gov.uk, menjadi supremecourt.uk. Demikian dilansir situs berita The Guardian online.

Lalu bagaimana dengan situs Mahkamah Agung ataupun Mahkamah Kosntitusi di negeri ini? Setelah saya cek, keduanya menggunakan domain .go.id. (mahkamahagung.go.id dan mahkamahkonstitusi.go.id), yang artinya situs pemerintah Indonesia. Pengaturan mengenai penggunaan domain go.id. tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 28/PER/M.KOMINFO/9/2006 Tentang Penggunaan Nama Domain go.id untuk Situs Web Resmi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Dalam Pasal 3 (1), Kepmen tersebut disebutkan bahwa nama domain go.id hanya digunakan untuk situs web resmi lembaga pemerintahan pusat dan daerah. Pasal 5 menjelaskan kategori pemerintah, yakni: (1) Lembaga Negara (Dewan Perwakilan Rakyat, Badan Pemeriksa Keuangan, Mahkamah Agung, dan lain-lain); (2) Lembaga pemerintah (Presiden dan Wakil Presiden, Menteri, Lembaga Pemerintah Non Departemen, Pemerintah Daerah); (3) Komisi (Komisi yang dibentuk berdasarkan undang-undang).

Tapi, apa iya, MA dan MK adalah bagian dari “domain” pemerintah? (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s